Selasa, 09 Juli 2013

Cara Servis Monitor

Cara Servis Monitor Samsung 2/3 layar kanan terblok bayangan hitam

Wawan Bongkie di Segala Cara - 9 menit yang lalu
Kali ini saya mencoba menulis hasil servis saya kemarin. Monitor yg saya servis adalah samsung 15" dengan kerusakan sebagai berikut : Gambar keluar tapi di setiap baris tulisan ada bayangan blok hitam yang mengikutidengan arah menyamping ke kanan. Blok hitam ini hampir menutupi 2/3 dari layar monitor. Jadi bagian 1/3 kiri monitor nyala normal, kemudian diikuti dengan 2/3 kanan yang terblok oleh bayangan hitam. Penyebab dan pemecahan Cara Servis Monitor Samsung 2/3 layar kanan terblok bayangan hitam : Penyebab dari monitor 2/3 bagian kanan terblok oleh bayangan hitam adalah rusakny... lainnya »

Cara service Monitor AOC 15" Layar Dominan Merah

Wawan Bongkie di Segala Cara - 9 menit yang lalu
Berikut ini saya akan coba berbagi mengenai monitor AOC 15". Kemarin kebetulan dapat servisan monitor AOC dengan kerusakan warna dominan merah. Jadi ada salah satu warna yang hilang... Mau tahu kelanjutannya....? Sebelumnya saya mau menjelaskan bahwa kerusakan layar warna ada yang hilang atau berubah sangat sering terjadi. Dan masalah ini sebenarnya gampang untuk diatasi, tapi ada juga yang kadang susah karena faktor spare part yang susah di dapatkan. Penyebab : Monitor itu menghasilkan panas yang cukup tinggi di bagian boardnya. Dan panas inilah yang menyebabkan keretakan soldera... lainnya »

Cara service Monitor Advance Gelap dan Ngeblok Hitam

Wawan Bongkie di Segala Cara - 9 menit yang lalu
Kali ini ada kasus monitor advance 15" layar gelap dan gambar sepertiganya di samping kiri ngeblok hitam. jadi gambar nggak kelihatan disebelah kiri layar. Monitor advance ini kebetulan advance 15" yang seri lama. Bagaimana cara servicenya....? Ok, langsung saja ke pokok permasalahan, Pertama kali yang harus anda lakukan adalah membongkar monitor dengan membuka 4 sekrupnya. tapi sebelum sampai cara service, kang Eko mau menjelaskan bahwa monitor advance 15" ini memiliki tegangan keluaran yaitu : 1. 80 volt : tegangan untuk IC Video di blok Video / RGB 2. 55 volt : teganagn untuk B+ ... lainnya »

Cara Servis Monitor LG 505G mati bunyi tik tik tik

Wawan Bongkie di Segala Cara - 9 menit yang lalu
Monitor LG 505G sering sekali mengalami mati total dengan bunyi tik tik tik .... Bunyi ini sebenarnya menandakan bahwa bagian power supply primer tidak mengalami masalah, hanya saja kerjanya terblokir oleh rangkaian sekunder Power supply yang mengalami masalah. Cara Servis Monitor LG 505G mati bunyi tik tik tik : 1. Buka tutup monitor. 2. Cari trafo Power supply yang paling besar sendiri. 3. Cari jalur sekunder trafo yang outputnya 5 volt. tegangan 5 volt ini digunakan untuk menggerakkan IC Utama dari LG 505G ini. Kalau tegangan ini berubah sedikit saja pasti monitor akan mati dan ... lainnya »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar