Selasa, 10 Desember 2013

Rangkaian Pengapian Transistor Menggunakan FET IRF740

Otomotrip.com – Membuat sendiri sistem rangkaian pengapian koil dengan menggunakan transistor FET (Field Effect Transistor) skema rangkaian sistem pengapian transistor ini cukup sederhana hanya diperlukan beberapa komponen.
Skema ini sudah diuji dan ditest pada kendaraan yang kebetulan terjadi kerusakan pada transistor koil yang terdapat pada ECU mobil tersebut.
Rangkaian pengapian transistor dengan FET ini bermanfaat jika terjadi kerusakan pada transistor coil yang kebetulan signal input cukup kecil,sehingga diperlukan penguat signal agar bisa menggerakan Transistor switching.
Fungsi transistor FET disini adalah untuk rangkaian switching atau pensaklaran yang memutus dan menyambungkan arus listrik primer koil pengapian mobil.
Untuk gambar skema rangkaian pengapian transistor dengan FET IRF740, gambar skema rangkaian pengapian transistor ini Otomotif Qita kembangkan dari pengapian dengan full transistor yang bisa dilihat DISINI.Skema rangkaian sistem pengapian transistor dengan FetSedikit penjelasan tentang gambar skema rangkaian sistem pengapian dengan transistor diatas adalah sebagai berikut:
Ketika input IC LM358 tinggi pada kaki no 3 maka out put pada kaki no 6 dan 7 juga tinggi
Ketika input rendah atau 0 (nol) pada kaki input no 3 maka out put kaki 6 dan 7 juga rendah
Input tinggi bila pada ujung pulser magnetic bersentuhan dengan logam dan terbentuk tegangan beberapa milivolt atau saat pulser sedang tidak dihubungkan.
Input rendah bila pada ujung pulser magnet tidak bersentuhan dengan logam atau jika pada kaki input ditambahkan resistor contoh pada input di beri resistor 12 kilo ohm, baik dengan atau tanpa pulser input kaki ic no 3 tetap rendah, dengan catatan ujung pulser tidak bersentuhan dengan logam.
Ketika input sedang tinggi pada kaki no 3 IC LM358 output pada kaki 6 dan 7 juga tinggi, selanjutnya tegangan output IC mengalir menuju kaki Gate (G) pada IRF740 dan membuka saluran antara kaki Drain dan Source, maka arus listrik akan mengalir dari Koil yang tersambung dengan Drain (D) menuju Ground atau kaki Source (S) pada transistor FET.
Selanjutnya ketika input IC  LM 358 kaki no 3 rendah out put juga rendah, resistor yang terhubung dengan kaki Gate (G) pada gambar rangkaian diatas menggunakan resistor dengan nilai 1k2 ohm akan membuang muatan listrik pada Gate ke ground untuk menutup saluran antara Drain dan Source dan arus listrik tidak mengalir dari Koil menuju Ground, dan begitu seterusnya.
Berikut adalah beberapa komponen yang diperlukan sesuai dengan skema rangkaian pengapian transistor menggunakan FET IRF740 di atas:
1. Regulator tegangan LM 7812
2. Elco 100uf/35volt
3. IC LM358
4. Resistor 10 kilo ohm
5. Resistor 100 kilo ohm
6. Resistor 1200 ohm atau 1k2 ohm
7. Transistor FET IRF740
Khusus untuk IRF740 bisa paralel dua biji jika ada pesan error hight input voltage coil …., ini untuk Ecu mesin yang minta tegangan benar-benar presisi, karena Ecu mesin tersebut jika mendeteksi ada yang aneh pada bagian pengapian akan mematikan driver penggerak coil, sehingga efeknya malah tidak akan keluar api dari busi.
Camshaft sensor atau sensor noken as mobil injeksi
Untuk demo rangkaian pengapian transistor di atas kita bisa menggunakan pulser berupa ckp (crankshaft posisition sensor) atau  camshaft sensor dan mengganti coil dengan lampu led atau test lamp.
Transistor dengan tipe FET atau transistor efek medan paling banyak dipakai pada rangkaian switching dan banyak diterapkan pada rangkaian penaik tegangan atau pun inverter dan UPS.
Semoga bermanfaat dan mudah difahami, jika ada pertanyaan atau membahas rangkaian diatas boleh silakan kunjungi Otomotif Qita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar